On Report: Pemantapan dan Pelantikan Calon Anggota Angkatan 32 KSR PMI Unit POLINES

" Pengabdian sepenuh hati, loyalitas tanpa henti, mantapkan diri menjadi relawan sejati. "
Pemantapan dan Pelantikan Calon Anggota Angkatan 32 KSR PMI Unit POLINES 

KSR PMI Unit Politeknik Negeri Semarang pada hari Minggu, 7 Februari 2016 kemarin telah berhasil memantapkan dan melantik anggota baru untuk angkatan 32. Sebanyak 35 anggota baru telah berhasil melewati beberapa tahap rekruitmen dan resmi dilantik pada kegiatan tersebut. Kegiatan pemantapan dan pelantikan yang berlangsung selama tiga hari ditutup dengan upacara pelantikan yang dihadiri oleh Bapak Ir. Sukoyo selaku pembina UKM KSR PMI Unit Politeknik Negeri Semarang, tamu undangan yang terdiri dari perwakilan PMI Kota Semarang, perwakilan KSR Unit perguruan tinggi kota semarang yaitu antara lain KSR PMI Unit FKM Undip, KSR PMI Unit PGSD Unnes, KSR PMI Unit Udinus, KSR PMI Unit IAIN Walisongo, KSR PMI Unit Poltekkes Kemenkes, dan KSR PMI Unit Undip, serta beberapa perwakilan alumni KSR PMI Unit POLINES yang juga turut membantu kegiatan tersebut.

Dilantiknya angota angkatan 32 menjadi momen yang ditunggu-tunggu panitia angkatan 31 serta pengurus angkatan 30, pasalnya tahun ini sistem rekruitmen mengalami banyak perubahan dari tahun-tahun sebelumnya. Perubahan banyak terjadi dalam tahapan pendidikan dasar yang pada tahun-tahun sebelumnya berlangsung selama 2 hari namun untuk tahun ini panitia dan pengurus menerapkan sistem 60 jam pelatihan untuk pendidikan dasar, sehingga proses rekruitmen berlangsung lebih lama yaitu selama lebih dari satu bulan. Imbasnya, kegiatan pemantapan dan pelatikan yang pada tahun sebelumnya dapat dilangsungkan pada bulan Desember terpaksa diundur pelaksanaannya menjadi bulan Februari.

Penambahan jam untuk pendidikan dasar tahun ini merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas calon relawan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan PMI untuk KSR Unit. Penambahan jam menjadi 60 jam sebenarnya belum dapat dikatakan memenuhi standar dikarenakan standar yang ditetapkan PMI adalah sebanyak 120 jam. Hal ini tentu saja menjadi PR yang sangat besar untuk kepengurusan dan kepanitiaan selanjutnya. Kurangnya pengetahuan serta skill tentu saja sangat mempengaruhi kualitas seorang relawan dan organisasi itu sendiri. Pengakuan dan sertifikasi tentu saja tidak dapat diberikan apabila belum memenuhi standar yang ada, sehingga diharapkan kedepannya KSR PMI Unit POLINES mampu menjadi agen pencetak relawan yang berkompeten dan berkualitas serta dapat berkontribusi secara nyata dalam tugas kemanusiaan.

Namun, belum terpenuhinya jam pendidikan dasar tidak menjadikan angkatan 32 tidak berkompeten sama sekali. Mereka menunjukkan antusiasme yang sangat tinggi selama proses rekruitmen. Hal tersebut menjadi bekal yang sangat baik untuk melanjutkan roda organisasi ke depannya. Apresiasi yang tinggi diberikan kepada angkatan 32 oleh seluruh jajaran kepengurusan dan kepanitiaan serta para alumni yang hadir dalam kegiatan pemantapan dan pelantikan. Ibu Dani selaku perwakilan PMI Kota Semarang dalam sambutannya berpesan agar para anggota baru memiliki komitmen yang kuat sebagai seorang relawan, karena komitmen yang kuat merupakan landasan terciptanya jiwa kemanusiaan yang terus berlanjut meskipun masa keanggotaan sudah berakhir. Beliau juga menyampaikan ucapan selamat datang untuk anggota baru angkatan 32 di keluarga besar PMI Kota Semarang. Besar harapan beliau terhadap generasi baru relawan Indonesia khusunya kota Semarang dalam kegiatan pengabdian kemanusiaan. Hal ini diharap dapat meningkatkan semangat seluruh anggota KSR, khususnya para anggota baru.

Kelancaran kegiatan Pemantapan dan Pelantikan tidak terlepas dari kerja sama panitia dan pengurus serta bantuan para alumni. Meskipun sebagian besar kegiatan berlangsung tepat waktu, namun masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu dievaluasi. Santo Permana selaku ketua pelaksana kegiatan mengungkapkan adanya beberapa kendala yang menghambat kegiatan. Namun secara keseluruhan, ia mengaku puas dan mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kegiatan Pelantikan dan Pemantapan.


Aline 30

Posting Komentar

1 Komentar